Pusat Sumber Belajar itu, bagaimana mahal pun alat
dan bahan yang terdapat di dalamnya, kalau tidak ada orang yang memakainya,
maka semua itu hanya merupakan pemborosan belaka. Bagaimana agar supaya PSB itu
betul-betul dimanfaatkan? Banyak dosen, bila ditanya, akan menyatakan bahwa PSB
itu bagus dan berguna, akan tetapi dari bibir sampai kepada tindakan, yaitu
betul-betul menggunakannya, sering masih merupakan jalan yang jauh. Kita sudah
biasa dengan cara belajar-belajar tradisional. Untuk m ... sumber belajar dengan tujuan instruksional
agar dapat dicapai secara efektif, efisien dan ekonomis. Membimbing
(“Leading”): membangkitkan motivasi dan semangat pada mahasiswa agar mereka mau
segera mewujudkan tujuan instruksional itu.
Mengawasi (“controling”): menentukan apakah fungsi
mengatur dan membimbingnya itu sudah berhasil mencapai tujuan instruksional
yang telah ditetapkan. Bagan keempat fungsi itu dapat digambarkan sebagai berikut:
Mulai dari fungsi pertama dosen sudah harus ...
belajar dengan tujuan instruksional agar dapat dicapai secara efektif,
efisien dan ekonomis. Membimbing (“Leading”): membangkitkan motivasi dan
semangat pada mahasiswa agar mereka mau segera mewujudkan tujuan instruksional
itu. Mengawasi (“controling”): menentukan apakah fungsi mengatur dan
membimbingnya itu sudah berhasil mencapai tujuan instruksional yang telah
ditetapkan. Bagan keempat fungsi itu dapat digambarkan sebagai berikut: Mulai
dari fungsi pertama dosen sudah harus meranca ...
I.K. Davis mengemukakan bahwa seorang dosen mempunyai 4 fungsi yang
saling berhubungan,
yaituMerancang (planning) menetapkan tujuan instruksional.Mengatur
(organizing) menyediakan dan
menghubungkan sumber belajar dengan tujuan instruksional agar dapat
dicapai secara efektif, efisien dan
ekonomis.Membimbing (Leading) membangkitkan motivasi dan semangat pada
mahasiswa agar mereka mau
segera mewujudkan tujuan instruksional itu.
Mengawasi (controling) menentukan apakah fungsi mengatur dan membimbingnya
itu sudah berhasil mencapai tujuan instruksional yang telah ditetapkan.Bagan
keempat fungsi itu dapat digambarkan sebagai berikutMulai dari fungsi pertama
dosen sudah harus merancangkan sumber belajar yang akan menjadi komponen dalam
sistem instruksionalnya atau sumber belajar apa yang dapat membentuk
tercapainya tujuan. Dosen juga sudah merancangkan bagaimana menyediakan serta menghubungkan
sumber belajar itu dengan tujuan sebagai fungsi dosen selanjutnya. Hal ini
tercermin dalam penyusunan SAP (Satuan Acara Pengajaran) dengan adanya kolom
untuk sumber belajar.Akhirnya, bagaimana indah dan nyaman pun Pusat Sumber
Belajar itu, bagaimana mahal pun alat dan bahan yang terdapat di dalamnya,
kalau tidak ada orang yang memakainya, maka semua itu hanya merupakan
pemborosan belaka. Bagaimana agar supaya PSB itu betul-betul dimanfaatkanBanyak
dosen, bila ditanya, akan menyatakan bahwa PSB itu bagus dan berguna, akan
tetapi dari bibir sampai kepada tindakan, yaitu betul-betul menggunakannya, sering
masih merupakan jalan yang jauh. Kita sudah biasa dengan cara ...
Read Article
Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar
sumber informasi. Dari
pengertian tersebut, terlihat adanya lima unsur pokok yang terkansung dalam
pengertian perpustakaan, yaitu : Tempat mengumpulkan, meyimpan, dan
memlihara koleksi bahan pustaka;
Koleksi bahan pustaka itu dikelola dan diatur secara sistematis dengan
cara tertentu; Bahan pustaka digunakan
secara kontiyu oleh para pemakai; Merupakan sumber informasi; dan
Merupakan suatu unit kerja. Demikian
pengertian yang kita pakai tentang perpustakaan. Jadi bukan sembaran
...
Perpustakaan berasal dari kata pustaka dari bahasa Jawa Kawi yang
berarti buku, naskah, karya tulis. Pustaka
mendapat awalan per- dan akhiran an sehingga berarti tempat atau
kumpulan. Perpustakaan juga berarti
dibukukan atau ditulis. Perpustakaan dalam bahasa Inggris disebut
library, mungkin berasal dari kata liber atau
libri (Latin) yang berarti kulit dari batang pohon di bawah kulit luar,
atau kitab, karangah, risalah, Veterum libri
adalah kitab-kitab klasik.Perkataan pustaka lebih luas maknanya dari
perkataan buku. Bahan pustaka dapat
berupa naskah, gambar, kaset, film, slide, rontal, dan sebagainya. Pada
perpustakaan-perpustakaan yang
1/2
lengkap bahan-bahan tersebut ada di perpustakaan selain
buku-buku.Secara sederhana Mujani A. Nurhasi
dalam bukunya Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia
memberikan batasan pengertian
sebagai berikut Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat
mengumpulkan, menyimpan, dan
memlihara koleksi bahan pustaka yang dikelola dan diatur secara
sistematis dengan cara tertentu, untuk
digunakan secara kontiyu oleh pemakainya sebagai sumber informasi.Dari
pengertian tersebut, terlihat adanya
lima unsur pokok yang terkansung dalam pengertian perpustakaan, yaitu
Tempat mengumpulkan, meyimpan,
dan memlihara koleksi bahan pustakaKoleksi bahan pustaka itu dikelola
dan diatur secara sistematis dengan
cara tertentuBahan pustaka digunakan secara kontiyu oleh para
pemakaiMerupakan sumber informasi
danMerupakan suatu unit kerja.Demikian pengertian yang kita pakai
tentang perpustakaan. Jadi bukan
sembarang ..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar